Setetes Embun Pelepas Dahaga

Sabtu, 22 Agustus 2015

Supaya Anak Rajin Sholat

Tidak ada hal yang membuat orangtua bahagia, kecuali melihat anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik. Baik dari segi spiritual, emosional, dan intelektual.

Termasuk pagi ini, saya seneng banget dapet kabar dari wali murid,
"Bu ... Alhamdulillah, Radhit sekarang semangat banget kalo ada adzan. Pasti langsung buru-buru wudhu. Ke masjid lagi, Bu."

"Wah, iya, Bun? Alhamdulillah ..." saya sumringah. 

"Iya, Bu, surat yang dia suka kayaknya Al Lahab. Setiap sholat pasti bacanya pake Al Lahab. Mau wudhu baca Al Lahab. Di mobil baca Al Lahab." Bunda Radhit bercerita dengan wajah berbinar-binar.

"Waaah, alhamdulillah, Bun ... Pinter banget ... Iya, di sekolah juga kalau baca surat Al Lahab paling keras." Saya menambahkan, sambil mengingat setoran hafalan terakhir Radhit di sekolah.

Setelah berkomunikasi, saya duduk sambil senyam-senyum. Gimana nggak bahagia coba? Kalo anak yang biasanya masih berkali-kali diingetin buat sholat, sekarang malah duluin. Nggak pake disuruh, dia semangat buru-buru ke masjid. Senengnya tuh di siniii ... ^_____^

Saya inget-inget lagi, reward apa yang saya berikan untuk anak yang full sholat lima waktu. Hmmm ... Nggak ada, deh. Masih awal tahun pelajaran begini, saya belum sempet beli atau bikin reward apa pun. Masih riweuh sama administrasi dan peralatan kelas. Trus, kenapa Radhit bisa sebegitu semangat, ya?

Motivasi? Cerita-cerita? Iya, sih. Mungkin karena itu.

Eeeh, tapi ada lagi! Saya inget, ada 1 lembar laporan evaluasi ibadah harian yang harus diisi di rumah. Jadi, kalo dilaksanakan, tabelnya di-check list. Naaah, tabel ini setiap hari saya periksa. Saya sebutkan siapa saja yang sholatnya full. Wajah mereka seneng banget waktu saya panggil jadi bintang sholat. Nah, mungkin karena ini juga Radhit ingin berlomba sama temen-temennya.

Seneeeng, deh. Nggak perlu capek teriak-teriak atau ngangkat sapu buat melatih anak rajin sholat, hehe. Selembar kertas ternyata ngebantu banget.

Dan, lebih senengnya lagi, sekarang ada yang jual tabelnya berukuran poster. Kertasnya Art Carton 260 gsm. Ukurannya 42 cm x 29.7. Bisa dihapus dan ditulis pakai spidol juga. Jadi kayak papan tulis gitu. Bisa buat reschedule juga. Waaah, yesss! Tambah efisien :D

Jadi, sekarang saya mau semua anak saya di kelas 1 C punya poster ini. Biar anak-anak makin semangat liat poster evaluasi ibadahnya dipajang di rumah. Oya, harganya Rp 15.000. Pesennya di sini 083899651887

Selain poster tabel evaluasi ibadah harian, ada poster tabel hafalan al quran juga, lho.
Pokoknya makasih banget buat yang udah inisiatif bikin poster ini. Endos margandos *jempol
Moga anak-anak makin termotivasi. Aamiin

Oya, berikut penampakan posternya.
Poster Hafalan Surat Al Quran bisa ditulis dan dihapus
Tabel Evaluasi Ibadah Harian

8 komentar:

  1. Makasi infonya ya bu guru. Semoga anakku fatih juga bisa jadi bintang sholat dan hafidz. Sama adeknya juga fay

    BalasHapus
  2. Makasih tipsnya

    Alee I www.alimuakhir.com

    BalasHapus
  3. saya biasanya bikin format sendiri buat anak2 kelas. tapi kalau pake kek gituan lebih praktis kali ya... :D hehehe...
    maacih bu guru....

    BalasHapus
  4. Mbakku pakai ini buat anak2nya. Seru kalau anaknya banyak, kalau Ais masih belum paham nih.

    BalasHapus
  5. Semoga anaknya makin soleh dg rajin sholat ya mak.sm knl mak..

    BalasHapus
  6. wah menarik ya. bisa banget buat bekel ke depan nih caranya :D

    BalasHapus
  7. Anak kelas 3 ku msh bnyak yg ninggalin sholat, sedih rasanya kalo guru blm berhasil, klau setiap pagi ditanya sholatnya pasti ada beberapa anak yg tdk sholat, mgkin dgn bintang sholat dan poster ini anak jd lebih semangat, mkaciiih y bu guyu.

    BalasHapus
  8. aku sangat rajin.

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus