Setetes Embun Pelepas Dahaga

Sabtu, 11 April 2015

Cara Berbakti pada Orangtua yang Telah Tiada

Berbakti pada orangtua bisa dilakukan tidak hanya ketika beliau masih hidup saja. Ketika orangtua sudah wafat pun sang anak masih bisa berbakti kepadanya. Di antara caranya adalah:

1. Berdoa. Setiap hari, kapan pun dan di mana pun. Semoga Allah ampuni, sayangi, terima amal ibadahnya, lapangkan dan beri kenikmatan dalam kuburnya, Allah takdirkan menjadi ahli surga, dll.

2. Menjadi anak sholeh. Kebaikan anak otomatis akan sampai pada orangtua (amal, sedekah dll) krn dulu beliaulah yg merawat, mendidik, berjuang menjadikan kepala sebagai kaki dan kaki sebagai kepala demi kita, maka wajar jika kebaikan anaknya sampai pada orangtuanya.
Kata Allah, "Bagikan kebaikan anaknya pada orangtuanya"
Ketika beliau menyaksikan kebaikan anaknya, itu membuat beliau bahagia.

3. Melaksanakan amanah atau pesannya. Semasa hidup, pasti beliau pernah memberi nasehat, pesan, atau perintah-perintah baik kepada kita. Maka tetaplah melaksanakan itu semua.

4. Menghubungkan silaturahmi saudara dan kerabat almarhum. Siapapun yang beliau kenal, maka hendaklah menjaga hubungan baik kepada mereka. Hal itu juga membuat almarhum bahagia.

4. Ziyarah ke makamnya jika memang dekat. Ketika ziyarah kubur, jgn lupa bersedekah untuk penjaga dan perawat makam almarhum.

Segala kebaikan dan kesholihan sang anak itulah yang membuat orangtua senang meski telah tiada. Maka, jagalah iman, islam, sikap, dan akhlak agar mereka bahagia di alam sana.

Note
Orang tua : Kandung, tiri, angkat, dan guru kita. Orangtua yang wajib kita hormati sama ta'dzhimnya.

Wallahu a'lam bish showaab

Ust. Aa Hadi
TV One
11042015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar