Setetes Embun Pelepas Dahaga

Kamis, 26 Februari 2015

Belajar Bahasa Dari Novel MSK


Saya memang suka sekali mempelajari bahasa. Terutama bahasa-bahasa asing seperti bahasa ammiyah (gaul) Arab. Maka ketika saya membaca novel ini, novel Mukjizat Setangkup Kasih karya Irja Nasrullah asal FLP Mesir, saya seperti menemukan oase di tengah gurun sahara. Saya rekam tiap katanya, saya garis bawahi lembaran halamannya, dan tentu saja saya catat sebagai pengingat.


Selain bahasa Arab, novel ini juga menyelipkan beberapa bahasa Jerman dan Jawa. Wajar saja, karena memang sang penulisadalah mahasiswa Universitas Al Azhar Kairo dan berasal dari Purworejo, Jawa Tengah. Lalu bagaimana dengan bahasa Jerman? Penulis bilang, “Kalau bahasa Jerman, sumbernya macam-macam. Ada yang lewat teman, buku, ebook, dan lain-lain.”

Oya, Irja Nasrullah, sang penulis adalah anggota FLP Mesir yang pernah menjabat Sebagai ketua FLP Mesir periode 2010-2012.
Nah, berikut catatan saya disadur dari novel bertema cinta dan teologi tersebut:

Bahasa Arab

1.       Yalla yalla gama’ah! : kemari-kemari semuanya
2.       Tamam: baik/sempurna
3.       Nawwarta yabni: kau meneragi kami, anakku
4.       Fi eh? : ada apa?
5.       Eh ra’yak yabni: gimn pndptmu, anakku?
6.       Fikrah gamilah: ide bagus
7.       Lau samah: permisi
8.       Fen? Di mana
9.       Musy maugudah: nggak ada
10.   Mughlaq: tdk aktf
11.   Helwa: manis
12.   Auz eh hena?: mw ngpain
13.   Astarih syuwayya bas: istirahat sebentar saja
14.   Istanni syuwayya: tunggu sebentar
15.   Taaly, ana musy kadzdzab: Kemari, saya nggak bohong.
16.   Hanafiyah: keran
17.   Syukron: terima kasih
18.   Shahra: Padang pasir
19.   Marhaban: slmt dtg
20.   Leh? Knp
21.   Mafisy: gpp
22.   Min dzi, ya sidi: sp ni, tuanku?
23.   Allahu yahfadzhuk: semoga allah menjagamu
24.   Idaroh: kantor
25.   Ya rigaala: wahai para lelaki
26.   Math’am: warung mkn
27.   Tafadhalli: silakan
28.   Yalla ma’aya: mari ikut aku
29.   Natijah: hasil
30.   Musy arif: tdk tw/ entahlah

Bahasa Jerman

1.       Wie geht’s? : gmn kbr
2.       Sehr gut, danke: baik, trm ksh
3.       Und ihnen: dan km?
4.       Es geht, mir so, so: keadaanku jg baik
5.       Verzein sie. Kennen sie die stadt gut: maaf, apkh anda phm kota (ini) dgn baik?
6.       Jawohl, was mochten sie wissen: ya, apa yg kauinginkan
7.       Ich muss jetzt nach hause gehen mein mann hat mit. Grusse an alle freunde: sy akn ke rmhku skrg. Slm utk tmn2
8.       Bitte: tolong
9.       Polizei: polisi
10.   Krankenhaus: Rumah sakit
11.   Um wieviel uhr gehen sie zu bett? : Kapan tidur?
12.   Nachstens: Sebentar lagi


Bahasa Jawa

Nyante bae 162
monggo

Gimana? Masih kurang? Lebih detailnya bisa langsung baca aja novelnya, ya.

Judul                     : Mukjizat Setangkup Kasih
Penulis                 : Irja Nasrullah
Penerbit              : PT Elex Media Komputindo
Tahun Terbit      : 2014
Tebal Buku          : 325 Halaman
Harga Buku         : Rp. 53.800,-
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar